Cara Memilih Email Hosting Yang Baik

Email hosting adalah sebuah layanan yang disediakan perusahaan hosting dalam hal pengiriman dan penerimaan email. Email hosting biasanya menjadi pilihan perusahaan untuk memfasilitasi layanan email yang sangat diperlukan oleh perusahaan sementara perusahaan tsb tidak memiliki email server sendiri. Dengan menggunakan email hosting ini, perusahaan masih dapat menggunakan nama perusahaannya sebagai domain yang digunakan pada email sehingga tetap dapat meningkatkan kredibilitas suatu perusahaan.

Email-Hosting

Seiring dengan pertumbuhan internet yang makin cepat maka semakin banyak perusahaan hosting menawarkan layanan email hosting ini. Dari sekian banyaknya layanan email hosting yang ditawarkan ini sering kali membuat pengguna atau sebuah perusahaan kebigungan dalam pemilihannya. Sebelum Anda atau perusahan Anda memilih layanan email hosting maka ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu:

1. Periksa jenis akses email yang diberikan penyedia layanan email hosting agar sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

  • Periksafasilitasprotokol email
    IMAP/ POP3 adalah protokol yang digunakan untuk membaca email sementara SMTP adalah protokol yang digunakan untuk mengirim email. Pastikan layanan email tsb memiliki kedua jenis protokol ini.
  • Periksa fasilitas exchange dan Web Mail
    Fasilitas exchange dan web mail sangat diperlukan agar Anda dapat memeriksa dan membalas email dari manapun dengan menggunakan komputer atau ponsel Anda. Anda harus memeriksa adanya fasilitas ini karena beberapa penyedia layanan ada yang tidak mengizinkan akses webmail ke email anda dan tidak dapat memberikan pertukaran email.

2. Periksa fitur-fitur yang disediakan oleh penyedia email hosting telah sesuai dengan kebutuhan perusahaan
Berikut ini adalah fitur-fitur email yang biasanya sangat diperlukan oleh perusahaan

  • Email Filtering
    Fitur ini akan mengatur email sesuai aturan / filter yang sudah ditetapkan. Pastikan bahwa Anda membeli layanan email hosting yang dilengkapi fitur ini terutama bila Anda sering mendapatkan email yang banyak dan perlu prioritas untuk membaca dan “follow up” nya.
  • Keamanan
    Pilihlah layanan email hosting yang telah dilengkapi fitur keamanan seperti anti virus, anti spam, firewall dll.
  • Auto-responder
    Tergantung dari kebutuhan Anda, Anda pun dapat memilih layanan email hosting lengkap dengan auto-responder.
  • Fitur Lainnya
    Bicarakanlah dengan penyedia layanan email hosting Anda bila Anda atau perusahaan Anda memerlukan fitur lainnya yang sangat diperlukan oleh perusahaan.

3. Periksa kredibilitas penyedia layanan email hosting

Anda dapat meminta pendapat partner bisnis atau membaca testimonial dari para pengguna yang telah menggunakan layanan hosting tsb. Pilihlah penyedia layanan hosting yang dapat dipercaya dan memberikan layanan purnajual yang prima.

4. Pilihlah paket layanan email hosting sesuai jumlah karyawan

Banyaknya pengguna email akan menentukan besarnya server. Agar email tsb dapat diakses dengan cepat maka pilihlah kuota hosting yang sesuai, rekomendasi pilihlah email server VPS yang sangat memungkinkan jika anda menggunakan dan mengirim email dalam skala besar.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *