Apakah Pengertian Email Server

Email server dapat memberikan solusi lengkap untuk semua kebutuhan sistem email yang berhubungan dengan setiap penggunanya. Pada dasarnya, email server ini dirancang dan dikembangkan untuk memenuhi persyaratan dari setiap ukuran organisasi oleh karena itu kita mengenal istilah email server perusahaan yang dapat membantu dalam perlindungan dan memberikan keamanan pada jaringan yang digunakan perusahaan. Lalu apakah Anda sudah mengetahui apakah pengertian email server perusahaan itu ? Bila belum maka Anda berada di artikel yang tepat karena artikel ini akan membahas mengenai pengertian email server atau email hosting itu sendiri.

email-server

Pengertian Email Server

Terdapat beberapa pengertian email server yang dapat Anda temukan di sejumlah literatur. Namun pada intinya pengertian email server tsb adalah hampir mirip yaitu sebuah perangkat lunak atau semacam komputer yang berfungsi mendistribusikan file atau informasi lainnya sebagai respons yang dikirim via email. Email server ini bekerja untuk menampung dan mendistribusikan pesan elektronik pada suatu jaringan. Dalam dunia internet, pengertian email server ini dikenal juga sebagai MTA (Mail Transfer Agent) atau Internet Router.

Berdasarkan pengertian email server ini maka setiap email akan di pertukaran melalui jaringan yang dilewatkan antara server yang satu dengan yang lainnya. Server tsb telah dirancang khusus dengan menggunakan perangkat lunak yang dibuat berdasarkan protokol standar yang dapat menangani email dan file lampiran. Setiap penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP) memiliki email server untuk menangani email klien mereka. Selain itu, beberapa situs yang menawarkan layanan email publik atau email gratis seperti gmail atau yahoo mail juga memiliki server sendiri. Tanpa rangkaian email server ini maka pengguna hanya akan dapat mengirim email ke orang-orang yang memiliki alamat email domain yang sama dengan pengirimnya, misalnya bila Anda mengirimkan email dari namaanda@domain(dot)com maka hanya pengguna yang menggunakan @domain(dot)com lah yang dapat menerimanya.

Berdasarkan pengertian email server di atas maka ada 2 kategori utama yaitu server surat keluar (outbox) dan server surat masuk (inbox). Pada server surat masuk maka dikenal istilah POP3 (Post Office Protocol 3) yaitu sebuah email server terbaik untuk penyimpanan pesan yang dikirim dan diterima pada PC atau hard drive local. Selain itu ada IMAP (Internet Message Access Protocol) yaitu sebuat email server yang selalu menyimpan salinan pesan di server. Sementara untuk server surat keluar dikenal SMTP (Simple Mail Transfer Protocol).

Bagaimana apakah Anda sudah memahami pengertian email server di atas? Untuk memahami pengertian email server maka kita dapat melihat dari kata pembentuknya yaitu email dan server. Email berarti pesan elektronik sementara server adalah penyedia layanan. Jadi pengertian email server menurut kata pembentuknya adalah penyedia layanan untuk pengiriman dan penerimaan pesan atau layaknya sebuah kantor pos yang berada di dunia maya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *