Apa Yang Akan Anda Lakukan Jika Anda Kehilangan Semua Konten Blog WordPress Anda?

Apa Yang Akan Anda Lakukan Jika Anda Kehilangan Semua Konten Blog WordPress Anda

Saya berharap bahwa kejadin seperti ini tidak akan pernah anda alami dalam hidup blogging ini, tapi beberapa bulan yang lalu teman saya mengalami sebuah kejadian mengerikan dimana seluruh konten blog WordPressnya entah bagaimana bisa hilang dari dunia ini. Dia menceritakan pada saya bahwa pada pagi harinya semua berjalan secara normal dan ketika dia mengcek emailnya, dia menemukan bahwa dia menerima sebuah email dari SiteUpTime  (SiteUpTime adalah jasa monitoring website yang mencek website anda secara berkala dan memberitahu anda via email atau sms jika situs anda tiba – tiba menjadi tidak tersedia) yang mengatakan pada dia bahwa situsnya saat ini sedang down.

Jadi tentu saja dia langsung ingin mengcek kenapa situsnya bisa down dan ketika dia memasukkan alamat websitenya pada adress bar, dia mendapatkan pesan seperti ini:

Blog WordPress

Anda mungkin dapat membayangkan betapa takutnya teman saya pada saat mengalaminya. Dia memang selalu membackup database dan file WordPressnya jadi dia tidak benar – benar berada dalam masalah yang besar, tapi bagaimana dengan semua artikel yang sudah dia posting setelah backup terakhir? Belum lagi semua traffic yang hilang bersama dengan websitenya.

Bagaimanapun, dalam kasus teman saya kerusakan yang dalami tidaklah terlalu parah. Salah satu tabel database ‘wp_options’ Worpdressnya ditandai sebagai rusak dan dia mendapat pesan error berikut dari ‘error_log’ yang dia perbaiki:

[25-Feb-2010 21:03:32] WordPress database error Table ‘wp_options’ is marked as crashed and should be repaired

Dan berikut adalah beberapa hal yang dia lakukan untuk mengembalikkan blog WordPressnya:

Rencana Kontingensi Untuk Mengembalikkan Konten Blog WordPress


Sebelum anda memulai hal – hal berikut, anda harus mempersiapkan dir anda untuk kemungkinan terburuk. Jadi untuk dapat mengembalikkan konten Blog WordPress milik dia, berikut adalah apa yang dia rencanakan:

  • Mengembalikkan database WordPress dengan menggunakan file db yang terakhir di backup.
  • FTP semua file WordPress (yang di backup terakhir kali) ke server.
  • Menggunakan Google cache untuk menggembalikkan beberapa artikle terakhir yang diposting setelah terkahir kali membackup db.

Jika anda masih belum tahu tentang hal ini, Google, Yahoo, MSN search mencache konten setiap page situs anda. Jadi anda dapat mengembalikkan konten blog anda dari search situs cahce. Google kemungkinan besar memiliki konten blog yang terbaru yang juga sudah di index dan di cache. Jadi teman saya mengcek Google untuk melihat apakah Google telah mecache salah satu artikel yang telah dia posting setelah melakukan backup terakhir kali. Dan dia cukup senang karena dia menemukan bahwa posting telah dicache oleh Google. Berikut adalah contoh posting yang telah dicache oleh Google:

Blog WordPress

Yahoo juga dapat mencache posting seperti contoh dibawah ini:

Blog WordPress

Untunhnya seperti yang saya katakan tadi bahwa kasus teman saya tidaklah terlalu parah, perusahaan web hostingnya yaitu Pusathosting dapat memperbaiki databasenya menggunakan fitur yang ada di DirectAdmin.

Bagaiman Cara Untuk Mengembalikkan Blog Konten WordPress Anda


Ada beberapa cara untuk mengembalikkan konten blog WordPress anda jika anda memang mengalami hal yang sama dengan teman saya:

Pilihan Pertama: Gunakan PhpMyAdmin

Gunakan PhpMyAdmin untuk membackup database WordPress secara berkala dan mengembalikkanya ketika anda membutuhkannya.

Pilihan Kedua: Gunakan Tool Export Dan Import Dalam WordPress Versi 2.7 Dan Versi Seterusnya

Untuk dapat mengexport semua semua posting, page, komentar, kategori, dll dalam file XML, ikuti cara berikut:

  • Pergi ke menu “Tools” -> “Export”
  • Klik pada “Download export file”.

Hasil yang berupa file XML akan mengandung posting, page, komentar, field kustom, kategori, dan tag anda.

Untuk mengembalikkan konten blog WordPress anda:

  • Pergi ke menu “Tools” -> “Import”
  • Pilih “WordPress” dari list yang disediakan
  • Browse file XML yang tadi di dapat dari hasil export dan klik “Upload file and import”

Langka – langka itu akan mengimport konten.

Pilihan Ketiga: Gunakan Cache Dari Hasil Search

Jika anda tidak pernah melakukan backup pada blog anda dan suatu pagi bangun dan menemukan bahwa blog anda sudah hilang dari dunia ini maka pilihan ini merupakan pilihan terbaik bagi anda. Masukkan kata berikut pada kotak search anda “situis:nama-domain-anda.com” untuk mendapatkan semua page yang sudah diindex untuk muncul dalam hasil Google search:

google-site-cached-example1

Sekarang anda bisa mengakses semua page yang dicache dan mengkopi konten yang ada. Cara manual seperti ini sangat tidak disarankan untuk blog yang memiliki banyak posting.

Saya harap pengalaman dari teman saya akan dapat membantu anda untuk tidur lebih nyenyak mengetahui bahwa konten blog WordPress anda dapat dikembalikkan jika hilang 🙂

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *