Apa Loyalitas Pelanggan Layak?

kostumer

Pernahkah anda membayangkan apa yang membuat kostumer menjadi loyal? Pernahkah anda membuat program loyalitas untuk membuat ikatan yang lebih kuat antara merek anda dan kostumer – kostumer anda? Satu pertanyaan terakhir untuk anda, apakah program loyalitas anda atau program loyalitas orang lain yang pernah anda lihat, terlihat seperti program suap?

Untuk kebanyakan pengecer, strategi retensi pelanggan merupakan hal yang sepadan dengan program loyalitas yang menawarkan imbalan finansial. Seperti kebanyakan bisnis yang ada, marketer ritel menggunakan program seperti itu karena kostumer – kostumer akan mengikuti jalan yang mudah diprediksi untuk mengulang pembelian. CEO dan CFO menyukai sikap kostumer yang mudah diprediksi. Tetapi, kita melihat indikator bahwa kostumer – kostumer menjadi semakin tidak puas dengan kesaam program – program ini diantara bisnis – bisnis yang menggunakannya dan kurangnya manfaat yang menarik dari program – program tersebut. Ini adalah penyebabnya: Saat kita menjadi lebih terbiasa dengan level pelayanan yang lebih tinggi, yang merupakan pembeda utama untuk bisnis – bisnis yang ada, pare klien/kostumer juga menjadi terbiasa dengan level itu sangat cepat dan dibutuhkan usaha lebih untuk mewow kita. Lagipula, kita semua berubah – ubah dengan cepat dan jika perbedaanya hanyalah uang, kita akan dengan senang hati beralih ke perusahaan lain yang menawarkan imbalan yang lebih besar.

Sekarang rahasia utama untuk membangun hubungan yang lebih dalam adalah untuk mengikuti pengecer tercerdas yang telah menggeser pemikiran mereka dan menjadikan loyalitas kostumer bukan sebagai program baru atau terpisah, tapi sebagai strategi perusahaan. Marketer bisnis yang sukses selalu berwawasan dan berempati terhadapa pasar. Mereka menepatkan diri mereka didalam sepatu kostumer mereka untuk mengerti secara penuh tentang perspektif dan kemudian melayani kostumer – kostumer mereka dengan gairah. Merek – merek seperti itu tidak hanya menciptakan kostumer, tapi juga fan dengan loyalitas emosional yang cukup yang akan membuat mereka bertindak sebagai pendukung dan promotor merek – merek tersebut. Fan – fan seperti ini bahkan akan rela untuk membayar harga premium merek yang mereka dukung bahkan ketika produk – produk yang lain juga tersedia.

Pedagang online memiliki keuntungan unik untuk memelihara loyalitas emosional kostumer mereka dengan memanfaatkan keuntungan E-commerce yang memberikan kenyamanan belanja yang luar biasa dan pesonalisasi.

Hadiah VS Loyalitas

Seperti yang bisa dilihat dengan program imbalan, kostumer akan terus membeli dari anda hanya selama imbalan yang anda tawarkan masih ada untuk mereka.

Seperti apa yang telah anda baca pada jutaan artikel, anda mungkin juga akan mengerti bahwa kostumer juga dapat membuat hubungan emosional yang kuat dengan merek – merek, seperti bagaimana mereka memliki hubungan dengan teman, keluarga, dan orang yang dicintainnya. Contohnya adalah saya sendiri selalu mereasakan perasaan senang saat saya mengunjungi sebuah toko atau website dengan alasan karena saya diperlakukan layaknya seorang anggota keluarga daripada seorang kostumer. Jika anda pikirkan tentang hal itu, saya yakin anda dapat membayangkan sebuah bisnis yang memberikan perasaan yang sama dengan saya. Anda mungkin juga akan menemukan diri anda mempromosikan bisnis tersebut ke teman anda dengan semangat.

Mendapatkan Loyalitas Kostumer

Loyalitas kostumer bukanlah hal yang diciptakan melalui program yang didelegasikan ke sesorang dalam department marketing. Malahan, itu harus merupakan bagian dari kebudayaan perusahaan. Itu harus menjadi sikap kedua dan mengalir seperti darah melalui operasi dan prosedur bisnis.

Jadi apa yang bisa dilakukan oleh seorang pengecer yang akan menghasilkan loyalitas energik yang dimimpikan banyak orang? Mari kita lihat mereka yang sudah sukses melakukan hal ini dan mengikuti arahan mereka jadi kita bisa mengetahui bagaimana cara membuat kostumer berkata ‘Tidak Terimakasih’ pada saingan anda. Contohnya adalah Apple. Mereka memliki kebudayaan yang jelas memelihara loyalitas kostumer mereka terhadap merek mereka. Apple membuat produk mereka dengan desain simpel yang berdampak pada hidup kita dan juga, produk mereka mudah untuk digunakan dan bekerja tanpa banyak hambatan atau perlunya penambahan hal – hal lain. Jadi yang kita ketahui pertama mulai dengan produk atau jasa yang lebih baik daripada sangian. Kemudian berikutnya ciptakan pengalaman pelanggan yang inklusif yang menciptakan rasa memiliki sesuatu yang spesial yang tidak ditawarkan dimanapun.

Terlihat seperti apa hal itu? Saat kostumer masih loyal, pada ulang tahun perusahaan anda, mereka dapat mengikuti kontes untuk memenangkan sebuah hadiah. Hal ini yang juga dapat bermanfaat adalah menawarkan spesial diskon yang tidak hanya berlaku pada kostumer baru tapi juga pada kostumer yang telah loyal setelah jangkan beberapa waktu.

Hal – hal tersebut seharusnya akan memebuat kreatifitas anda untuk membuat kostumer loya mulai tumbuh.

Source: https://www.tipsandtricks-hq.com/what-is-customer-loyalty-worth-8044

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *