6 Langkah Untuk Membangun Kerjasama Bisnis Internet Yang Sukses

bisnis internet

Banyak bisnis internet yang sukses selalu mempunyai semacam kerjasama yang berperana dalam kesuksesan bisnis internet.

Entah anda sekarang menjalankan bisnis anda sendirian atau sudah berpikir untuk membuat bisnis internet anda sendiri, pada waktu terntentu, anda mungkin butuh atau ingin seorang partner bisnis untuk membantu anda memperluas bisnis anda atau membawa bisnis anda pada level yang berikutnya.

Mempraktekan langkah – langkah dibawah akan membantu anda dalam memastikan bahwa bisnis internet anda memiliki kesempatan yang lebih besar dalam menjadi sukses anda kerjasama anda akan berlangsung untuk jangka yang panjang.

1. Carilah Partner Yang Tepat Untuk Anda Dan Aspirasi Bisnis Anda

Menemukan partner bisnis yang tepat merupakan tugas yang mudah jika anda sudah mempunyai pikirang tentang apa yang anda ingin dan butuh dari partner anda untuk membuat bisnis anda sukses, dan kemudian tempatkan diri anda pada tempat yang tepat untuk bertemu mereka. Contohnya anda bisa mengatur atau bergabung dengan grup mastermind atau forum yang berisi orang – orang yang berpikiran seperti anda yang bisa anda temui.

Atau anda bisa menghadiri konferensi dimana anda bisa bertemu dengan calon partner bisnis anda secara ‘face to face’. Ini merupakan ide yang bagus pada awal anda memulai bisnis untuk mengetahui kelebihan anda dan kemudian menemukan partner yang dapat melengkapi kelebihan anda dengan kelebihan unik mereka sendiri.

2. Diskusikan Dengan Calon Partner Anda Apa Yang Masing – Masing Dari Anda Ingin Gapai Dengan Bisnis

Letakkan kartu anda di meja awal waktu dan yakinkan calon partner bisnis internet anda untuk melakukan hal yang sama. Hal ini akan memberikan kedua pihak gambaran yang lebih jelas tentang arah yang setiap orang inginkan untuk bisnis internet dan ini juga akan membantu memberikan motivasi untuk setiap orang dalam kerjasama bisnis.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang bisa anda tanyakan:

  • Apa yang kita ingin tawarkan pada dunia dengan bisnis anda?
  • Nilai macam apa yang ingin anda tanamkan pada bisnis anda? Apakah nilai – nilai anda bersinggungan dengan nilai – nilai partner anda?
  • Apa yang diberikan tiap orang dalam hal motivasi untuk menciptakan bisnis?
  • Apakah kerjasama anda akan berbagi tanggung jawab dalam management bisnis atau satu orang akan bertanggung jawab dalam mengelola pasukan yang ada?

3. Kenali Kelebihan Satu Sama Lain Dan Bekerja Dengan Mereka Untuk Melengkapi Bisnis Internet Anda

Kerjasama bisnis yang sukses, terutama bisnis yang fokus di internet, biasanya bergantu pada orang – orang dengan kelebihan dan skill yang berbeda untuk bekerja secara sinergis untuk mencapai tujuan bersama.

Pada awal kerjasama, semua orang harus bisa mengenali kelebihan dan skill mereka dan juga kelebihan serta skill calon pertama mereka.

Ini merupakan hal penting untuk menggunakan kelebihan masing – masing orang dan menetukan skill yang melengkapi satu sama lain.

Setelah bisnis internet menjadi ditetapkan, akan ada akumulasi alami dari pengetahuan dan skill baru dalam kerjasama bisnis yang akan lebih meningkatkan sinergi kerja sama.

4. Jadilah Lebih Jelas Mengenai Ekspetasi Dari Awal

Sama seperti langkah kedua, tapi sedikit berbeda. Dalam langkah ini, anda mengindentifikasi apa yang anda harapkan dari masing – masing sebagai partner tentang hari – hari operasi bisnis.

5. Mulai Dengan Projek Kecil Untuk Mengetes Kemampuan Kerja Kerjasama Anda

Hal ini sama dengan insinyur sipil membangun model jembatan untuk mengetes kekuatan dan tekanan yang bisa ditahan sebelum mulai membangun jembatan yang sebenarnya. Hal yang sam harus dilakukan dengan kerjasama bisnis internet anda.

Jangan langsung membuat projek yang rumit dan mahal tapi mulailah dengan sesuatu yang kecil pertama seperti webinar atau mungkin memproduksi serial video pada YouTube bersama atau menciptakan dan memasarkan produk kecil.

Latihan seperti membuat mini projek dapat dengan cepat mendemonstrasikan apakah kerjasama anda akan bekerja atau apakah kerjasama anda membutuhkan penyesuasian atau kerjasama anda memang tidak bisa dipertahankan sama sekali.

6. Adakan Pertemuan Perminggu

Hal ini memberikan semua kesempatan untuk berbicara dan menanyakan pertanyaan atau mengklarifikasi tentang semua masalah.

Panggilan bebas konferensi bisa dilakukan menggunakan Skype atau anda dapat bertemu secara langsung jika mungkin.

Hal ini membantu hal menjadi fokus dan memastikan bahwa arah bisnis masih dijaga.

Saya yakin pasti ada kerjama bisnis internet yang sukses diluar sana yang mungkin tidak menggunakan semua sugesti yang ada diatas, tapi faktanya adalah jika anda mengikuti kebanyakan atau semua langkah yang ada diatas maka anda setidaknya akan memaksimalkan kesempatan kesuksesan kerjasama anda.

Source: https://www.tipsandtricks-hq.com/8-steps-for-building-a-successful-internet-business-partnership-3945

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *