5 Tip Tentang Bagaimana Membuat Pengunjung Blog Anda Tinggal Lebih Lama

blog

Berapa lama waktu yang dihabiskan oleh pengunjung – pengunjung blog anda untuk tetap berada pada website anda bisa menjadi faktor yang penting untuk menentukan seberapa sukses blog anda di masa depan.

Hanya dengan mendapatkan traffic dalam bentuk ribuan pengunjung – pengunjug unik setiap hari tidaklah berarti jika waktu yang mereka habiskan di situs anda tidak lebih dari beberapa detika atau bounce rate anda mencapai lebih dari 95%.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan dalam cara anda menyediakan page atau posting anda yang akan memaksimalkan kesempatan untuk pengunjung – pengunjung anda menetap lebih lama dalam situs anda.

Semakin lama orang – orang tinggal dalam situs anda semakin besar kesempatan anda untuk menguangkan kungjungan mereka atau meyakinkan mereka untuk melakukan call to action yang anda inginkan.

Call to action adalah istilah internet marketing yang mengacu kepada aksi utama yang anda inging pengunjung – pengunjung anda untuk melakukannya setelah mereka datang ke page atau website anda. Contoh dari call to action adalah dimana anda inging seseorang untuk mengklik tombol “Buy Now” dan membeli produk anda. Contoh lain adalah mungkin anda ingin orang – orang untuk mendownload eBook gratis anda setelah mereka resmi menjadi memeber.

Berikut adalah beberapa tip yang akan membantu anda untuk menjaga perhatian pengunjung – pengunjung anda atau setidaknya mampu membuat mereka tertarik cukup lama untuk teteap tinggal dan mengeksplorasi blog anda dan akhirnya, melakukan call to action yang anda ingin mereka untuk melakukan.

1) Singkirkan External Link Yang Tidak Diperlukan Dari Landing Page Blog Anda Dan Gunakan Internal Link

Mencoba untuk meningkatkan waktu rata – rata pengunjung anda pada blog anda adalah salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk menurunkan bounce rate anda dan meningkatkan ranking blog anda. Jika anda menggunakan Google Analytics, anda mungkin sudah pernah mendengar tentang kata “Bounce Rate“. Bounce rate (seperti yang didefinisikan oleh Google) adalah “Persentase suatu kunjungan satu halaman yang ditinggalkan oleh orang dari landing page situs anda”

Maka dari itu menempelkan banner afiliasi dan link pada semua bagian page anda dapat merugikan anda jika pengunjung anda meninggalkan blog anda segera dari page yang merek datangi.

Cobalah untuk menarik pengunjung anda untuk membaca lebih lanjut denga menawarkan mereka link ke internal page atau posting lain yang relevan dimana anda menyediakan ulasan yang bermanfaat yang akhirnya mengandung banner afiliasi anda. Dengan begini anda tidak akan mendorong orang keluar dari pintu sama yang mereka gunakan untuk masuk. Ada beberapa WP plugin yang berguna yang bisa anda gunakan untuk menambah link internal posting yang relevan pada blog anda seperti Yet Another Related Posts Plugin.

2) Gunakan Emosi Untuk Menyajikan Pesan Blog Anda

Orang – orang sering membeli karena emosi, tidak peduli mereka mengakuinya atau tidak. Hal ini karena aksi yang berasal dari emosi cukup sering terjadi secara tidak sadar.

Oleh karena itu, respons emosional lebih memiliki kemungkinan untuk mencapai call to action daripada respons logikal. Contoh, jika anda mencoba menyakinkan seseorang untuk membeli produk anda dengan menggunkan logika, maka kemungkinan mereka juga akan melihat arguman anda dari segi rasional dan mereka akan menimbang – menimbang pros dan cons dari membeli produk anda atau tidak membeli. Jika anda mengenalkan elemen emosional pada pesan anda seperti memberikan sebuah keuntungan atau menjual sebuah solusi untuk sebuah masalah atau menekankan bagaimana orang – orang bisa menjadi lebih dekat dalam menggapai mimpi mereka, maka anda akan membuat bagian otak yang membuat keputusan emosional menjadi aktif.

Hal ini akan memaksimumkan kesempatan untuk mendapatkan sebuah kostumer karena ini akan menciptakan sebuah koneksi emosional diantara pesan anda dengan reader anda. Maka dari itu ketikan anda sudah sukses membuat hubungan emosional yang positif dengan reader anda, mereka akan dengan senang hati ingin kembali ke blog anda untuk mengeksplorasi lebih jauh atau mungkin menjadi kostumer regular

3) Sertakan Konten Video Dalam Posting Dan Page Blog Anda

Video adalah salah satu cara paling efektif untuk mengkomunikasikan sebuah pesan pada orang – orang. Bahkan video pendek yang berdurasi beberapa menit dapat sering mengirimkan nilai lebih ke reader anda daripada yang bisa dilakukan oleh page yang banyak.

Maka dari itu dalam kasus dimana biasanya orang – orang membrowsing melalui artikel dalam 10 atau 20 detik sebelum pergi, keuntungan tambahan dari menggunakan video pendek adalah hal ini akan meningkatkan kemungkinan bahwa orang – orang akan tinggal lebih lama pada blog anda karena mereka melihat video anda.

Video pada internet hanya seperti ekstensi moderen dari TV tapi hal yang hebat adalah anda dapat menjadi produser konten video tersebut.

4) Gunakan Gambar Menawan Bersama Dengan Konten Blog Anda

Biasanya gambar yang benar digabungkan dengan konten yang relevan yang menyebabkan respons emosional dan hal ini dapat meletakkan dasar bagi pola pikir yang tepat yang ingin anda ciptakan sebelum seseorang membaca promosi penjualan atau posting anda.

Manusia cukup mudah terangsang secara visual dan anda dapat memanfaatkan ini dengan menggunkan gambar dan wanra yang efektif dengan pesan anda.

5) Fokus Dalam Menyediakan Konten Yang Bernilai Dan Informatif Daripada Iklan Terang – Terangan

Konten anda dan nilai yang disediakan olehnya adalah titik mencuat yang membantu dalam membangun sebuah hubungan dengan reader anda. Sebuah hubungan membutuhkan beberapa ukuran kepercayaan oleh kedua pihak tapi ketika anda sukses mendapatkan kepercayaan ini dari reader atau klien anda maka anda juga menciptakan investasi jangka panjang dimana kostumer saat ini akan menjadi kostumer masa depan. Ada banyak cara anda bisa menyediakan nilai bagi orang – orang yang pada gilirannya akan sangat senang untuk membalas nilai yang anda sediakan dengan menjadi kostumer. Contohnya, anda dapat menawarkan les online gratis atau tutorial – tutorial yang orang – orang dapat akses setelah mereka menjadi member gratis.

Anda juga dapat membuat sistem support atau forum anda sendiri yang tidak hanya menyediakan bantuan untuk orang – orang tapi menjadi kesempatan bagi orang – orang untuk berinteraksi satu sama lain.

Source: https://www.tipsandtricks-hq.com/5-tips-on-how-to-make-your-blog-visitors-stay-longer-4205

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *