3 Alasan Umum Yang Membuat Kecepatan WordPress Menjadi Lambat

Gagal

Jika anda mempunyai dan menjalankan sebuah WordPress yang pada saat ini memiliki kecepatan yang lambat maka biasanya ada beberapa faktor yang kemungkinan menyebabkan kecepatan WordPress anda dalam meload sebuah page menjadi lambat.

Kemampuan dan fleksibilitas WordPress terletak pada bagian dalam dan mengingat statusnya sebagai sebagai website blogging dan platfom CMS, ini membuat WordPress untuk mudah dimodifikasi melalui cara pemerograman dari theme dan plugin.

Tetapi, fleksebilitas secara ironik bisa juga menjadi alasan tentang mengapa website anda menjadi lambat dan akan terus menjadi lebih lambat jika terus dibiarkan tanpa ada penanganan apapun dalam jangka waktu yang lama.

Ada juga faktor-faktor lain yang juga bisa menjadi penyebab tentang permasalahan kecepatan WordPress anda. Setelah melakukan troubleshooting pada banyak kostumer selama beberapa bulan, saya telah menemukan 3 hal yang paling umum yang juga menjadi penyebab tentang permaslahan kecepatan WordPress anda yang menjadi terlalu lambat.

Apakah Sajakah 3 Hal Yang Bisa Mempengaruhi Kecepatan WordPress Anda?

1. Menggunakan Terlalu Banyak Plugin WordPress Yang Memiliki Coding Yang Buruk

Karena sifat WordPress yang open-source (yang menurut saya merupakan hal yang positif), banyak variasi plugin dengan fungsi yang berbeda-beda dalam jumlah yang banyak, tapi karena hal yang sama pula maka, variasi kualitas coding pada setiap plugin jugalah berbeda-beda.

Fakta bahwa anda bisa mendapatkan plugin gratis yang mempunyai fungsi sangat penting untuk website anda mungkin merupakan hal yang sangat menyenangkan, tetapi anda juga perlu untuk waspada tentang plugin apa yang anda pilih untuk WordPress anda.

Bagaimanan koding plugin yang anda pilih juga akan membuat perbedaan tentang kecepatan WordPress dalam meload sebuah page. Secara umum WordPress memiliki kriteria praktik coding yang terbaik untuk para developer plugin, tetapi hal ini sering diabaikan oleh banyak progammer. Pada beberapa kasus hal itu terjadi karena entah progammernya adalah seorang newbie atau karena masih belum memiliki pengalaman yang cukup untuk mengetahuinya.

Oleh karena itu anda akan sering menemukan plugin yang memiliki coding dimana sang programmer tidak menyadari tentang dampak kinerja atau tentang kemungkinan konflik yang akan terjadi. Contoh, tentang bagaimana dan kapan plugin developer memilih untuk meload javascript atau jquery dan library dapat meningkatkan kemungkinan konflik yang akan terjadi. Ada banyak faktor yang dapat menentukan kualitas coding suatu plugin dan sebagai tanggung jawab kita sebagai pemilik website, kita harus cerdas-cerdas dalam memilih plugin untuk digunakan.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memilih plugin yang berkualitas, contoh jika anda mencari plugin di website WordPress.org, anda dapat mengcek hal seperti berapa kali orang sudah mendownload plugin tersebut dan juga seberapa baik dukungan yang diterima oleh plugin tersebut. Semakin banyak jumlah orang yang mendownload dan semakin banyak dukungan didapat plugin tersebut maka menandakan bahwa plugin tersebut. Hal yang sama juga berlaku untuk plugin yang berbayar

2. Menggunakan Theme WordPress Yang Memiliki Coding Yang Buruk

Hal yang sama yang kita bahas di atas juga berlaku untuk theme pada WordPress juga. Selalu berhati-hatilah tentang memilih theme yang akan anda install pada WordPress anda. Fakta bahwa anda mungkin telah membayar harga premium untuk theme anda maka hal itu bukan berarti bahwa themenya sudah disusun dengan baik oleh sang developer.  Saya sarankan untuk tidak membeli theme yang menggunakan banya file JavaScript.

Cara untuk mencari tahu sebagus apa sebuah theme adalah dengan membandingkannya dengan theme default wordpress seperti TwentyTen.

3. Solusi Hosting Anda Tidak Sebagus Itu

Provider Hosting anda adalah salah satu faktor penting lain yang bisa mempengaruhi performa website anda.

Banyak sekali provider yang murah dan gratis karena mereka memiliki banyak alasan untuk menjadi gratis dan murah. Hosting provider seperti ini biasanya memiliki hardware yang tidak terlalu memumpuni, begitu juga dengan fitur yang mereka tawarkan. Juga, tipe plan hosting yang anda pilih sangatlah penting dan plan apa yang anda pilih bergantung pada traffic website anda.

Lalu apakah yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki hal ini jika sudah terlanjur terjadi? Ikuti saja artikel berikut: Tips Mengoptimalkan Kecepatan WordPress Anda

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *