Bagaimana Menangani Komentar Negatif

komentar negatif

Jika anda menjalankan jasa komunitas online dimana orang lain didorong untuk berpatisipasi dengan pikiran mereka sendiri, anda pasti akan bertemu dengan komentar negatif pada kehidupan blog dan forum anda. Mungkin komentar negatif adalah salah satu ketakutan terbesar anda sebagai partisipan sosial media, tapi komentar – komentar negatif tersebut merupakan kenyataan. Terlebih lagi, cara anda menangani komentar – komentar negatif tersebut juga dapat meningkatkan atau menghancurkan reputasi online anda – dan juga yang terpenting, reputasi bisnis anda.

Silahkan cek tip – tip berikut tentang bagaimana cara menangani komentar – komentar negatif dalam area online:

1. Jangan Respon Secara Langsung

Apapun yang anda lakukan, jangan merespon komentar – komentar negatif secara langsung. Kemungkinan setelah anda membaca komentar negatif adalah anda cukup kecewa atau merasa tersinggung karena komentar – komentar negatif tersebut dan membalas komentar – komentar pada saat anda dalam keadaan yang emosional bukanlah hal terbaik dalam menangani negatifitas pada blog atau forum anda. Lebih baik anda memberi diri anda sendiri waktu beberapa jam untuk menenangkan diri anda dan kemudian barulah anda dapat memberikan diri anda kesempatan untuk membalas komentar – komentar tersebut.

2. Jangan Mengabaikan Komentar – Komentar Tersebut

Meskipun kelihatannya mengabaikan komentar – komentar negatif memang merupakan hal yang menggoda untuk dilakukan, tapi hal ini bukanlah hal yang paling bijak untuk dilakukan. Dengan mengabaikan dan/atau menghapus komentar – komentar negatif, anda juga secara tidak sadar dapat menarik reader anda yang tidak puas untuk membuat protes yang lebih keras pada forum umum anda. Anda harus tidak mengabaikan komentar – komentar negatif tersebut dan mungkin dapat melihat situasi ini sebagai kesempatan untuk menguji skill costumer service anda.

3. Pahami Komentar Negatif Reader Anda

Percaya atau tidak, beberapa komentar negatif bisa saja dapat menjadi konstruktif walaupun komentar – komentar tersebut memang terlihat menyinggung. Terlebih lagi, ini adalah Internet. Sudah banyak kejadian dimana hal – hal yang terdapat pada internet dapat disalah artikan oleh kebanyakan orang. Lakukan yang terbaik untuk dapat melihat sudut pandang reader anda pada subjek yang mereka komentari. Jika anda dapat mengerti sudut pandang mereka, hebat! Gunakan infromasi yang anda temukan setelah memahami sudut pandang mereka sebagai kesempatan untuk meningkatkan blog atau forum anda dan berterima kasilah pada reader anda untuk kritik konstruktif mereka. Jika anda tidak dapat mengerti sudut pandang mereka, hanya balas dengan balasan yang sesuai.

4. Jagalah Ego Anda

Ini mungkin adalah insting pertama anda untuk mengatakan “Ini adalah blogku dan aku akan mengatakan apapun yang aku mau!” dan kemudian pergi dengan gusar. Tapi tolong diingat kalau ini adalah dunia yang bebas. Reader anda memiliki hak yang pantas untuk memberikan komentar – komentar negatif pada blog atau forum anda. Dan menjawab komentar – komentar tersebut secara dewasa merupakan tugas dan kewajiban anda.

komentar

5. Akuilah Kesalahan Anda

Hal ini juga pernah terjadi pada blogger dan penulis terbaik di dunia. Kesalahan selalu bisa terjadi. Jika komentar negatif reader menujukkan anda tentang kesalahan yang anda buat dan setelah anda mendouble-cek dan melihat apa yang dikatakan reader anda benar, maka ini adalah saatnya untuk mengakui kesalahan anda. Akuilah kesalahan yang anda buat dan minta maaflah atas kesalahan yang anda buat dalam bagian komentar atau sebagai lampiran pada body text.

6. Jadilah Positif

Jika hal lain gagal, cobalah untuk menjadi Sunny Sally atau Optimistic Owen tentang situasi yang anda hadapi. Jika reader mengakatakan bahwa sebuah fakta adalah salah padahal anda tahu bahwa fakta tersebut adalah betul, maka buktikan point anda… Tapi lakukanlah dengan halus! Lakukan yang terbaik untuk melihat melalui komentar negatif dan jangan biarkana komentar negatif mengganggu hari anda.

7. Setuju Untuk Tidak Setuju

Jika seorang reader meninggalkan komentar negatif tentang ketidaksetujuan mereka dengan apa yang visi anda atau apa yang anda posting, hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah setuju untuk tidak setuju dan mencoba merubah topik diskusi menjadi topik yang lebih produktif. Pahamilah pendapat reader tersebut dan berterima kasilah atas pendapat mereka, kemudian tanyakan mereka sesuatu tentang pengalaman mereka. Kemungkinan yang dapat terjadi adalah reader tersebut akan menerimak kesempetana yang mereka berikan untuk mendiskusikan tentang pendapat mereka dalam level yang lebih dalam.

Meskipun menerima komentar negatif pada forum publik bukanlah yang menyenagkan, itu adalah hal yang harus anda hadapi pada suatu saat. Dengan mengikuti tujuh tip yang sudah disebutkan diatas, maka anda bisa memastikan bahwa anda sudah merespon komentar – komentar negatif dengan cara yang paling sopan, berkelas, dan dewasa.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *