Bagaimana Cara Menginstall Google Analytics Dalam Website WordPress Anda

Google Analytics

Sekilas Tentang Google Analytics

Google Analytics (GA) adalah standar de facto untuk mentracking statitik untuk properti pada web. Google Analytics gratis untuk digunakan dan terus-menerus ditingkatkan. Google Analytics juga terhubung dalam banyak akun Google yang banyak digunakan oleh marketer dan webmaster seperti Google AdWord dan Google Webmaster Tool.

Report dalam GA akan memberitahu anda page mana pada website anda yang mendapatakan traffic terbanyak (dan tersedikit) dan bagaimana trafficnya mencapai page-page tersebut. Anda bisa belajar reffering URL dari traffic, yang berarti website mana (jika ada) yang memiliki link yang mendirect ke page pada website anda. Jike situs yang mereferring adalah search engine, Anda bisa sering mempelajari keyword yang digunakan untuk mencari anda pada search result.

Anda juga bisa menganalisis website anda pada tingkat yang lebih dalam ketika Google Analytics sudah terinstall, terutama ketika memanfaatkan fitur extra seperti outbond click, paid referral, social traffic, dan lain-lain, tapi hal pertama yang paling penting adalah memulai mentracking data. Anda bisa menganalisanya nanti. Jadi, dari hari pertama anda harus mulai mengunpulkan data.

Menginstall Google Analytics

Saya akan menunjukkan beberapa metode berbeda yang bisa anda gunakan untuk menginstall Google Analytics pada WordPress anda.

1) Menambahkan Google Analytics Ke File Template WordPress

Seperti dikatakan diatas, anda bisa menambahkan kode Google Analytics pada file template dalam theme. Metode ini memang simpel tapi ini bukanlah metode yang sering dilakukan. Pikirkan tentang hal ini: Anda mempunyai theme yang telah terinstall yang memiliki one-click update ketika versi terbaru theme tersebut muncul. Versi terbaru dari theme tersebut mungkin memiliki fitur baru, bug yang diperbaiki, dan lain-lain. Anda bisa saja mengupdate semua file pada theme anda secara manual, tapi bukankah lebih simpel mengupdate semua file denga satu klik?

Jika anda membuat perubahan manual apa saja pada theme anda, perubahan tersebut akan hilang karena update dan harus dibuat ulang. Hal seperti itu jelas bukan merupakan hal yang ideal. Jika metode ini adalah metode yang ingin anda gunakan make setelah anda mendapat kode tracking Google Analytics, temukan file header.php pada template dan paste kode tersebut dibawah bagian kosong dari tag ‘body’

  1. Pergi ke Appearance -> Editor
  2. Dibawah Templates pada sisi kanan, temukan dan klik file Header (header.php)
  3. Saat sudah anda akses temukan ‘bodu’ tag HTML
  4. Paste kode GA dibawah tag tersebut
  5. Klik tombol Update File

2) Ciptakan Fungsi Kustom WordPress Untuk Menginstall Google Analytics

Cara yang lebih baik adalah jka anda tahu bagaimana menciptakan fungsi kustom untuk menginstall kode Google Analytics. Biasanya ada file Theme Functions (functions.php) yang disertakan pada theme. Hal ini tergantung pada theme developer apakah file ini akan mengalami hal yang sama dengan file Header (dan yang lainnya) ketika diupdate. Kebanyakan developer theme tidak akan menyamakan file fungsi kustom agar ketika user menggunakan filenya tidak akan hilang ketika theme diupdate. Tapi tidak semua theme sama seperti itu.

Berikut adalah bagaimana menambahkan fungsi untuk menginstall kode Google Analytics pada WordPress:

  1. Pergi ke Appearance -> Editor.
  2. Dibawah Templates pada sisi kanan, temukan dan klik file Theme Functions (functions.php)
  3. Tambahkan kode dibawah ini pada file:
    add_action('wp_footer', 'custom_ga1');
    
    function custom_ga1() {
        echo "REPLACE-WITH-GA-CODE";
    }

Ganti REPLACE-WITH-GA-CODE dengan kode Google Analytics yang sebenarnya. Sangatlah penting bahwa kode Google Analytics – nya dihimpit oleh “”. Kode yang saya berikan akan menempatkan kode Google Analytics pada footer situs anda.

Cara Cepat Untuk Menambahkan Website Ke Akun Google Analytics

Karena sekarang kita sudah mengetahui cara menginstall kode Google Analytics ke blog WordPress kita, sekarang mari kita lihat bagaimana caranya mendapatkan kode Google Analytics itu sendirir.

Tentu saja hal pertama yang harus kita lakukan adalah mendapatkan akun Google dan login ke akun tersebut. Jika anda tidak mempunyainya, yang perlu anda lakukan hanyalah mendapatkan akun Gmail. Setelah anda memiliki akun Google dan sudah login ke akun tersebut, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi Google Analytics
  2. Klik Sign in (Kiri atas)
  3. Klik Admin (Kiri atas)
  4. Klik +New Account
  5. Isi semua filed dan kemudian klik Get Tracking ID

Anda akan diberikan dengan ID yang benar dan kode tracking Google Analytics. Pilih kode yang sesuai dengan metode yang ingin anda gunakan untuk menambahkan Google Analytics pada WordPress anda. Setelah anda telah menambahkan Google Analytics ke WordPress anda silahkan pelajari Cara Menggunakan Google Analytics Untuk Membantu Usaha Marketing Anda untuk mengetahui bagaimana sajakah anda bisa memanfaatkan Google Analytics untuk kepentingan website anda dan bisnis anda.

Source: https://www.tipsandtricks-hq.com/install-google-analytics-tracking-into-a-wordpress-site-5969

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *