Apakah Bisnis Anda Memerlukan Keberadaan Sosial Media

Does-Your-Business-Really-NEED-A-Social-Media-Presence

Sosial media merupakan salah satu topik terpanas yang sering dibicarakan oleh kebanyakan orang melalui dunia online. Mungkin suatu hari di masa depan kita akan menemukan seorang anak yang masih belum bisa berjalan akan mempunyai akun untuk sosial media. Dengan semua kehebohan yang ada di sosial media dan maraknya strategi untuk menggunakan sosial media dalam bisnis, ini pasti akan menjadi pilihan yang sulit bagi kita. Dalam posting kali ini, kita akan membahas tentang keuntungan yang dapat diperoleh dari sosial media yang juga dapat berguna dalam bisnis yang anda buat.

Memahami perkembangan sosial media saat ini

Sosial media merupakan sebuah trend yang pasti akan terus digunakan oleh para pengguna internet dalam waktu yang lama, tapi ada alasan mengapa menggunakan sosial media akan sangat membingunkan karena terlalu banyak sosial media diluar sana dan kita juga harus pandai-pandai dalam memilih sosial media yang sesuai bagi bisnis kita. Maka dari itu, anda harus memahami tentang perkembangan sosial media saat ini dan pintar-pintar dalam memilih salah satu yang tepat. Tetapi, meskipun banyak merek-merek terkenal yang yang menggunakan sosial media, bukan berarti kalau sosial media juga penting bagi bisnis anda. Misal, jika anda hanya akan meniru strategi yang sama seperti yang digunakan oleh merek-merek lain, maka lebih baik anda tidak menggunakan sosial media bagi bisnis anda.

Beberapa bisnis tidak memerlukan sosial media

Sebelum kita melanjutkan posting ini lebih lanjut, perlu diperhatikan bahwa mungkin bisnis anda sama sekali tidak membutuhkan strategi sosial media. Umpamakan sosial media sebagai sebuah sarana pengirim surat. Jika tidak sesuai dengan basis pelanggan anda maka lebih baik jika tidak digunakan bukan?

Contohnya, jika misalnya anda menjalankan usaha sekolah pelayaran swasta dan kebanyakan siswa anda hidup di daerah setempat, maka akan lebih baik jika anda menyebarkan selembaran di seluruh kota atau mampir ke dermaga setempat.

Sosial media memiliki tujuan sebagai sarana pemasaran bagi bisnis anda tapi jika kostumer-kostumer anda tidak menggunakan sosial media atau jarang menggunakannya, maka untuk apa menggunakannya?

Membuat strategi sosial media yang efektif

Pada dasarnya, strategi sosial media bentuk apapun sangatlah bagus untuk bisnis yang membutuhkanya. Tetapi jika bisnis anda tidak menarik minat pembeli atau tidak menyampaikan inti dari bisnis anda dengan jelas, maka strategi sosial media model apapun tidak akan dapat membuat bisnis anda sukses dalam waktu dekat.

Pikirkan sosial media sebagai penguat bisnis anda, dan karena itulah jika anda memiliki bisnis yang menawan maka melakukan strategi sosial media anda akan jauh lebih mudah.

1. Menjaga Kosistensi

Bayangkan jika bisnis anda merupakan teman terpercaya anda. Orang ini selalu jujur dan mencoba untuk menjadi sejelas mungkin dan juga selalu melakukan yang terbaik untuk tidak mengatakan atau melakukan sesuatu yang membingungkan anda.

Dan anda ingin agar bisnis anda juga terlihat seperti itu di mata orang lain, maka ketika berkomunikasi dengan kostumer anda melalui platfom sosial media, pastikan bahwa pesan anda selalu menggunakan kata-kata yang terdengar sopan dan pastikan bahwa anda selalu jujur dan terbuka. Kemungkinan besar jika anda melakukan hal-hal tersebut, kostumer-kostumer anda akan mempercayai anda dan menjadi terbukan dengan anda.

2. Berkomunikasi Dengan Kostumer Anda

Kita telah membahas ini tadi, tapi anda perlu berada di sosial media yang sama dengan kostumer-kostumer anda, itu adalah salah satu cara untuk berkomunikasi dengan mereka melalui sosial media.

Pada beberapa platfom sosial media anda dapat menjadi lebih ramah sementara pada platfom lain anda dapat berbicara secara profesional. Pastikan bahwa cara anda berkomunikasi sudah sesuai dengan standar sosial media pada platfom sosial media yang anda gunakan sambil tetap menjadi jujur dan terbuka.

3. Jadilah Unik

Mari kita akui, tidak ada orang di dunia ini yang mau membaca posting membosankan. Sudah cukup banyak posting-posting seperti itu jadi pasti anda tidak ingin menambahnya lagi bukan?

Dalam membuat posting, anda tidak perlu membuatnya menjadi sensational, tapi anda bisa jujur dan menunjukkan apa yang membuat bisnis anda unik.

 

Pastikan anda memperhatikan hal-hal yang anda baca diatas dan ingat! Dalam menggunakan sosial media, anda berbicara dengan manusia, jadi bersikaplah seperti manusia juga.

Source: http://www.hostgator.com/blog/2015/04/07/does-your-business-really-need-a-social-media-presence/

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *