3 Tips Pemicu Psikologis Untuk Membantu Menigkatkan Penjualan Anda

Psikologis situs orang

Ada satu hal yang semua pemilik bisnis online harus ingat dan itu adalah, kesuksesan bisnis anda tergantung pada kostumer-kostumer anda dan bagaimana anda menangani mereka.

Karena sifat dari dunia online, pemilik website biasanya bisa lupa fakta bahwa aliran traffic yang datang ke situs mereka sebagian besar terdiri dari orang-orang dengan harapan Psikologis tertentu, kebutuhan tertentu, keinginan tertentu, keyakinan tertentu, kondisi tertentu, dll.

Fakta ini mudah untuk dikabulkan karena sifat tak berwajah dari orang-orang yang mengunjungi situs anda.

Bahkan, fakta tersebut bisa menjadi sangat bermanfaat bagi kesuksesan bisnis internet anda jika anda meluangkan waktu untuk menerima kualitas-kualitas Psikologis dari rata-rata orang yang mengunjungi website anda.

Dengan menyadari beberapa ciri-ciri umum manusia anda dapat men-tweak situs anda untuk dapat memenuhi kebutuhan Psikologis kostumer anda lebih baik dan dalam proses melakukannya, buatlah website anda agar kondusif untuk meningkatkan kesuksesan bisnis anda.

Catatan: Perlu diingat bahwa anda harus etis tentang praktik anda dan benar-benar menjual produk yang bagus.

1) Jangan Membanjiri Kostumer Anda Dengan Terlalu Banyak Pilihan – Lebih Sedikit Pilihan Lebih Baik

Manusia tidak dapat benar-benar mengangani pilihan dengan baik. Hal tersebut mungkin terdengar kontra-intutif, tapi orang-orang biasanya sangat senang jika mengalami situasi dengan sedikit pilihan.

Ada sebuah percobaan Psikologis yang diadakan di Harvard dimana sekelompok siswa diajari bagaimana mengambil foto hitam dan putih yang berkualitas dan diberi akses untuk menggunakan peralatan terbaik dan juga ditunjukkan bagaimana menggunakan ruang gelap mengembangkan foto-foto yang mereka ambil.

Setelah beberapa hari mengambil banyak foto, mereka memilih dua foto terbaik mereka dan diijinkan untuk mengembangkan foto-foto tersebut menjadi delapan atau sepuluh cetakan mengkilap.

Pada akhir latihan setiap siswa diberitahu bahwa mereka harus menyerahkan salah satu foto mereka tapi mereka dapat menyimpan foto yang satu lagi.

Setengah dari grup diberikan kesempatan untuk dapat menukar foto yang diberikan sampai dengan 5 hari jika mereka merubah pikiran mereka, sementara setengah yang lain diberitahu bahwa keputusan pertama mereka merupakan keputusan final dan mereka tidak dapat menukar foto tersebut jika merubah pikiran mereka nanti.

Hasil dari eksperimen ini membuktikan bahwa kebanyakan siswa yang memiliki pilihan yang lebih sedikit merupakan yang paling senang dengan foto yang mereka simpan. Grup lain yang memiliki lebih banyak pilihan, hampir semua merasa tidak puas dengan foto pilihan mereka dan lebih memilih foto yang mereka serahkan pada saat eksperimen.

Contoh diatas menunjukan bahwa manusia tidak menangani pilihan dengan baik dan dengan mengetahui hal ini, kita bisa menggunakan pengentahuan tersebut dan menerapkannya pada bisnis online kita untuk meningkatkan kesuksesan kita.

Untul awalnya, pada page produk anda, batasi jumlah pilihan yang anda berikan ke reader anda dan fokus pada produk terbaik anda.

Jika anda memiliki banyak produk, anda perlu mencoba untuk mengkelompokan mereka pada kategori yang relevan dan menampilkan mereka dalam potongan kecil yang akan membantu memfokuskan calon kostumer anda pada satu grup produk tertentu daripada membanjiri mereka dengan 20 atau 30 kategori.

Psikologi yang sama juga berlaku pada page landing anda.

Anda harus mencoba membantasi jumlah pilihan yang anda berikan ke reader anda berkaitan dengan navigasi atau hal yang bisa menyebabkan pengalihan dan lebih memfokuskan reader anda pada pesan yang anda coba sampaikan atau hal yang anda ingin mereka laksanakan.

2) Takut “Ketinggalan” Adalah Point Pemicu Psikologis Yang Kuat

Berapa kali anda telah melihat sesuatu yang seperti ini pada toko online:

“Diskon 20% untuk produk XXX untuk waktu terjangkau

Pesan iklan seperti contoh diatas banyak digunakan karena alasan yang simpel, karena pesan-pesan seperti itu selalu bekerja.

Alasan pesan-pesan seperti itu bekerja adalah karena pemicu Psikologis yanf didasari takut yang dimiliki sebagian manusia, yang pada dasarnya adalah takut ketinggalan sesuatu.

Oleh karena itu ketikan menerapkan hal berikut pada bisnis anda, anda tidak hanya harus menguraikan manfaat produk anda, tapi anda juga bisa meningkatkan dampaknya penjualan anda dengan menambahkan unsur urgensi jika mungkin.

Dalam kata lain, jika anda juga dapat memberitahu orang-orang apa yang mereka lewatkan selain apa yang mereka dapatkan, kemungkinan besar mereka akan merespon lebih baik terhadap penjualan mereka.

3) Manusia Akan Rela Membayar Untuk Sesuatu Yang Berdasarkan Persepsi

Sifat Psikologis manusia lain yang menarik adalah peran yang memainkan persepsi mereka ketika mereka mencari untuk membeli sesuatu dan juga bagaimana persepsi ini dipengaruhi oleh harga produk.

Orang-orang tampaknya menempatkan nilai lebih pada sesuatu jika mereka harus membayar untuk hal itu. Membayar untuk sesuati memberikan perasaan pencapaian.

Tentu saja merupakan tanggung jawab anda untuk memastikan apa yang anda jual memang benar-benar menyediakan sebuah manfaat untuk orang-orang dan jika anda mempu mendemontrasikan manfaat produk anda, anda kemungkinan besar tidak akan memiliki masalah menjual produk anda.

Hal lain yang meningkatkan persepsi positif adalah seberapa baik anda dalam mengambarkan manfaat tambahan dari produk anda.

Contohnya ketika Apple menjual komputer mereka, mereka tidak hanya memberitahu anda tentang spec dan fitur komputer yang mereka jual, tapi juga menggambarkan dengan cerdas tentang skenario orang yang keren dan trendi yang menggunakan komputer yang mereka jual untuk bisnis dan hiburan.

Persepsi positif yang dimiliki orang tentang produk Apple adalah salah satu alasan kenapa perusahaan mereka sukses dan orang-orang tidak memiliki masalah dalam membayar lebih untuk produk Apple.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *