4 Aplikasi Online Yang Bisa Membantu Fokus Anda

Sekitar dua pertiga orang Indonesia akan terus berada di depan layar komputer atau laptop mereka pada saat siang hari. Banyak orang yang akan menghabiskan waktu mereka hanya untuk menatap layar komputer atau laptop mereka, karena hanya dengan menggunakan mouse, kita sudah dapat mengakses berbagai hal yang tentu saja dapat mengganggu konsentrasi kita. Dengan berbagai informasi yang terus bermunculan setiap hari, fokus kita tentu saja akan langsung pudar dan tergantikan oleh ketertarikan tentang video terbaru di Youtube.

Bagi beberapa orang, kasus ini bisa menjadi masalah yang serius, seperti menyebabkan produktifitas yang rendah, performa yang buruk, dan stress tentang harus membawa urusan pekerjaan ke rumah. Dan untuk kali ini saya akan memberikan list tentang 4 aplikasi online yang terbukti bisa membantu kita menghentikan kebiasaan buruk seperti itu dan membantu anda menyelesaikan pekerjaan anda pada waktunya!

Daftar Aplikasi Online Untuk Menjaga Fokus Anda

1. Freedom – Aplikasi Online Yang Dapat Memblok Internet Dalam Jangka Waktu Tertentu

Pernahkah anda bermain game psikologi dengan diri sendiri dengan peraturan setelah anda bekerja selama waktu yag anda tentukan, maka anda akan dapat beristirahat pada waktu yang anda tentukan? Hal tersebut memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Aplikasi Freedom memiliki satu fungsi simpel dan itulah adalah untuk mengblok internet anda secara menyeluruh dalam jangka waktu tertentu. Anda pasti akan terkejut tentang bagaimana hanya dengan memandang facebook, akan dapat menyita perhatiaan anda sampai berjam-jam.

Jika mengblok internet secara menyeluruh bukanlah pilihan yang bagus maka silahkan coba Anti-Social. Aplikasi tersebut dibuat untuk yang masih membutuhkan internet tapi masih ingin beberapa website agar terblok tetapi broweser mereka masih bisa bekerja

2. StayFocusd – Aplikasi Online Yang Dapat Membatasi Waktu Yang Bisa Anda Habiskan Di Sebuah Website

Dengan fungsi yang berlawanan denganĀ  Anti-Social, StayFocusd adalah ektensi Google Chrome yang bekerja dengan membatasi waktu yang dapat digunakan untuk mengunjungi sebuah website. Ketika waktu yang diperbolehkan sudah habis, website tersebut akan terblok sampai besok.

Banyak orang yang menyukai hal seperti ini karena mereka juga pasti membutuhkan istirahat sebentar dari pekerjaan mereka, tapi tidak menghabiskan waktu yang berlebihan.

3. FocusWriter – Aplikasi Online Untuk Menciptakan Lingkungan Yang Optimal Bagi Anda

Menulis membutuhkan disiplin diri yang besar dibandingkan profesi lain, terutama ketika kehidupan dan internet sudah menjadi satu sejak beberapa dekade yang lalu. FocusWriter memerintahkan komputer anda untuk menyediakan lingkungan yang bebas dari gangguan jadi anda bisa fokus terhadap apa yang terpenting, kata-kata yang anda tulis.

Beebrapa fitur tambahan termasuk:

  • Target menulis setiap hari (word count atau writing time)
  • Suara mesin ketik
  • Fitur text editing yang standar

4. TrackTime – Aplikasi Online Yang Dapat Membuat Anda Paham Tentang Bagaimana Menghabiskan Secara Online

Meskipun meamng benar bahwa kita tahu kita menghabiskan banyak waktu di depan komputer, banyak dari kita yang tidak tahu hal tersebut sampai kita berganti aplikasi. Berapa banyak waktu yang anda habiskan pada twitter dan facebook hari ini? Berapa sering anda menggunakan aplikasi seperti, word, excel, atau power point?

TrackTime dapat memonitor kegiatan anda setiap hari dengan menyediakan statitik dan timeline berwarna tentang waktu yang anda habiskan, dan seberapa sering anda berganti antara aplikasi. Sayangnya TrackTime ini hanya bisa digunakan pada OS MAC

 

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk menggunakan salah satu dari aplikasi online tersebut? Atau mungkin anda memiliki aplikasi online lain atau tips untuk membantu agar kita tetap fokus? Anda membantu kami dengan memberitahunya pada kolom komentar jika anda memang menpunyai saran aplikasi online yang dapat digunakan untuk menjaga fokus.

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *